Seseruan di Purbasari Influencer Academy Semarang

Sabtu, Oktober 27, 2018

Purbasari Influencer Academy
Purbasari Influencer Academy 2018, Semarang
Sebelum baca postingan ini sampai bawah, pastinya ada yang nanya, tumbenan banget saya ikut acara yang berbau-bau kecantikan begini, seseruan di Purbasari Influencer Academy Semarang. Habis kesambet apa?
Purbasari Influencer Academy
Purbasari Influencer Academy
Untuk teman-teman yang kenal dekat dengan saya, pasti tau banget kalau saya anti dandan. Buat saya, pakai make up (untuk hari-hari) itu buang-buang waktu, tenaga, dan tentunya dompet. Kenapa? Petama, ya musti belanja make up, meluangkan waktu untuk baca-baca review, ke counter untuk beli-beli, habis itu tiap hari musti meluangkan waktu setidaknya 30 menit untuk dandan, dan begitu malam, dihapus deh!

Bukannya pelit, tapi saya lebih nggak telaten untuk melakukan semua rutinitas itu dan berujung malas dan nyinyir. Haha. Tapi beneran nyinyir sih, soalnya tiap ada cewek cakepan dikit suka reflek bilang, "ih dandanya embaknya balababalala..". Kalau kata Mamah, perempuan berdandan itu bukan untuk dirinya sendiri atau laki-laki, tapi untuk perempuan lain. :p

Terlepas dari semua itu, belakangan ini banyak masukan yang saya terima dari orang-orang terdekat. Termasuk kenapa sih nggak segera merawat wajah dan belajar pakai make up. Dua tahun terakhir ini saya punya jerawat yang nggak kunjung habis, ditambah saya nggak pernah mengaplikasikan segala macam skin care dan make up ke wajah, jadinya ya muka ini kusem dan sepet banget.

Kebetulan, ada teman-teman blogger yang ajak saya untuk ikutan Purbasari Influencer Academy Semarang. Di sini, saya belajar cukup banyak, mulai dari bagaimana membangun personal branding, cara berdandan sederhana yang bisa digunakan setiap hari, hingga teknik fotografi untuk mendukung konten di blog dan social media.

Acara kecantikan kok ada materi tentang personal branding dan kelas fotografi sih? Nganu, jadi begini.. PIA2018 merupakan program dari Purbasari yang bertujuan mengedukasi dan menginspirasi beauty enthusiast dalam membentuk karakter, skill serta passion mereka terhadap kecantikan.

Pastinya, teman-teman punya seseorang yang dijadikan role model kan? Menjadi influencer (hingga akhirnya bisa menjadi role model untuk banyak orang) itu nyatanya nggak mudah, selain bisa harus bisa "mempengaruhi" follower, influencer juga musti punya personal branding dan konten yang bagus.

Nah, ketiga materi ini memang penting banget untuk sekedar diketahui oleh para influencer, di sini lebih spesifik ke ke beauty influencer. Ilmu ini tuh semacam basicnya gitu, jadi misal kamu tertarik untuk menjadi seorang beauty influencer, ya kamu musti belajar banyak hal termasuk membangun persona dan konten.

Anunk Aqeela: Personal Branding

Anunk Aqeela, Purbasari Influencer Academy
Anunk Aqeela, Purbasari Influencer Academy
Personal branding di sini luas banget kalau dijabarin. Selain kita ingin dikenal orang sebagai siapa (dan apa), tentunya personal branding menyangkut dengan cara kita bersikap. Se-simple, bagaimana cara kita berjabat tangan dan duduk. Lalu ternyata, pakai make up itu bukan hanya sekedar untuk tampil cantik saja, tapi bisa mempresentasikan kepribadian seseorang juga. Saya yang biasanya klemprot, akhirnya pun sadar untuk nggak bisa berpenampilan klemprot terus-terusan, apalagi saat berkumpul bersama teman-teman komunitas dan bertemu rekan kerja.

Inivindy: Daily Make Up
Nah, sepertinya tuh ini sesi yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta PIA2018. Soalnya, ada mbakayune @inivindy yang terbang dari Malang buat ngasih tutorial daily make up. Saya yang awalnya nggak tau siapa @inivindy, seketika langsung kepoin Instagramnya dan mulai "jatuh cinta" pada dunia per-make-up-an. Haha.

Tapi tetep sih, sampai sekarang masih males kalau musti dandan tiap kali ada urusan kerjaan di luar atau sekedar kondangan. Pelan-pelan ya! (Kemudian berjanji pada diri sendiri.)

@inivindy, Purbasari Influencer Academy
@inivindy, Purbasari Influencer Academy
Di sesi kelas make up ini, semua perlengkapan sudah disiapkan oleh tim Purbasari. Untuk ketiga kalinya selama hampir dua tahun ini saya pakai bedak lagi di kelas make up ini. *geeeer*. Oh ya, perlengkapan make up yang disediakan memang nggak banyak, tapi justru dari situ kita diajak berkreasi bisa ngapain aja dengan yang ada. Misalnya, (ternyata) lipstick bisa digunakan sebagai eye shadow. Hahap.


Di PIA2018 ini, saya berkesempatan mencoba produk terbaru dari Purbasari yaitu Purbasari Hi Matte Lip Cream Hydra Series (shade nomor 06 - 11). Dengan sederet shade yang lip cream ini punya, saya jatuh cinta pada shade Lunaria (08) dan Ixia (09). Keduanya terlihat cocok di bibir saya yang memang jarang sekali bergincu, warnanya nggak mencolok, dan pastinya nggak bikin bibir saya kering.

Purbasari Hi Matte Lip Cream Hydra Series
Purbasari Hi Matte Lip Cream Hydra Series
Purbasari Hi Matte Lip Cream Hydra Series
Purbasari Hi Matte Lip Cream Hydra Series
Natasha Esteele: Fotografi
Sejujurnya sesi ini yang paling saya tunggu-tunggu. Kecintaan saya pada dunia fotografi memang cuman secuil jagung, dibilang expert ya enggak, dibilang sekedar hobi saja juga enggak. Saya cuman bisa membedakan mana foto yang bagus dan mana yang enggak (menurut saya pribadi) ~ (yaiyalah semua orang juga bisa! hahaha..)

Natasha Esteele, Purbasari Influencer Academy
Natasha Esteele, Purbasari Influencer Academy
Eng, enggak sih, jadi sebenernya hampir tiga bulan belakangan ini menjadi Fasilitator di Google Gapura Digital Semarang dan beberapa kali mengisi kelas fotografi produk. Ilmu dari Mba Natasha ini cukup berguna untuk saya bagikan ke ke teman-teman UMKM di Gapura Digital. Walau Mba Natasha tidak membahas spesifik ke fotografi produk, materi basic fotografi yang disampaikan cukup ringan, sehingga bisa saya terapkan untuk kelas fotografi saya selanjutnya. Yaa meskipun saya sudah jadi fasilitator, tapi saya nggak mau berhenti di ilmu yang sudah saya punya, makanya perlu belajar sama sama suhu-suhu seperti Mba Natasha ini.

Purbasari Influencer Academy

Purbasari Influencer Academy


Jujur aja sih ya, salah satu motivasi saya ikut PIA2018 ini karena pengen dapat kamera dari Purbasari. Haha. Buat apa? Buat nanti dipakai bikin kelas fotografi. Soalnya, sekarang saya cuman punya satu kamera gitu, dan buat kerja (rodi), jadi sayang kalau mau dipinjem-pinjemin untuk kelas praktek fotografi. Jadilah kelas fotografi beberapa waktu belakangan ini masih basic banget pakai henpon (yang sudah tidak jadul). Kan oke punya kalau bisa bikin kelas fotografi untuk teman-teman MUA, supaya Instagram mereka makin kece dengan foto-foto karya riasan masing-masing. *tsaaaah* *ngecuprus*

***

Purbasari Hi Matte Lip Cream Hydra Series
Purbasari Hi Matte Lip Cream Hydra Series
Seru banget ikutan PIA2018 Semarang, walau acaranya seharian penuh, tapi nggak bosan dan dapat banyak insight untuk di bawa pulang. Nggak cuman itu, pulangnya saya masih dibawain godie bag yang isinya lip cream satu set dong! Gimana nggak sumringah, haha.. Langsung deh dicobain buat kelayapan di hutan ;)

You Might Also Like

0 comments